Kamis, 26 November 2009

Tips mudah doa mustajab dan di aminkan oleh malaikat

***
Seorang muslim tak pernah lepas dari berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala di setiap waktu dan kesempatan. Baik doa yang berhubungan dengan akhirat, maupun dunia. Namun, masih jarang sekali muslim yang tahu tentang doa-doa yang mustajab (dikabulkan). Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang salah satu doa yang mustajab.

Diriwayatkan dari Thalhah radiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مامن عبد مسلم يدعو لأخيه بظهر الغيب إلا قال الملك ولك بمثل
“Tidaklah seorang muslim mendoakan kebaikan untuk saudaranya yang tidak hadir (tanpa sepengetahuan dia), kecuali Malaikat akan mengatakan: ‘dan untukmu seperti itu’.”

Dalam riwayat lain:
دعوة المرء المسلم لأخيه بظهر الغيب مستجابة عند رأسه ملك موكل كلما دعا لأخيه بخير قال الملك الموكل به آمين ولك بمثل
“Doa seorang muslim kepada saudaranya secara rahasia dan tidak hadir di hadapannya adalah sangat dikabulkan. Di sisinya ada seorang malaikat yang ditunjuk oleh Allah. Setiap kali ia berdoa untuk saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut berkata (kepadanya): “Ya Allah, kabulkanlah, dan (semoga) bagimu juga (mendapatkan balasan) yang semisalnya.”
[Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Muslim No.2732. Lihat syarah shahih muslim Imam An-Nawawi (49/17)]

Nah, mudah kan? Kita cukup mendoakan kebaikan kepada saudara kita. Hmm,,,sebagai contoh ketika kita ingin memohon kemudahan kepada Allah dalam menghadapi ujian, maka berdoalah: Ya Allah, berilah kemudahan untuk temanku si Fulan dalam menghadapi ujian. Maka malaikat akan berkata seperti hadits diatas, yakni: “Ya Allah, kabulkanlah dan bagimu juga yang semisalnya.” Maka bagi kita juga kemudahan dalam menghadapi ujian.

Sungguh mulia seorang muslim yang mau mendoakan kebaikan bagi saudaranya. Lihatlah, betapa mendoakan saudara kita itu lebih utama dibanding jika kita hanya mendoakan diri kita sendiri. Apabila kita mendoakan diri kita sendiri, belum tentu diaminkan oleh malaikat, namun jika mendoakan kebaikan untuk saudara kita tanpa sepengatahuannya, akan diaminkan oleh malaikat, plus kita juga mendapatkan doa yang kita mohon kepada Allah untuk saudara kita itu.

Mendoakan kebaikan kepada saudara adalah amalan yang sangat ringan, dengan keutamaan yang sangat besar, maka manfaatkanlah. Ketika kita melihat saudara kita mendapat musibah, doakanlah ia semoga diberi kesabaran, dan semoga dengan ujian itu akan bertambah keimanannya. Ketika kita melihat saudara kita mendapat rezeki, maka doakanlah semoga rezekinya semakin bertambah dan semakin rajin ia bersedekah. Ketika kita melihat teman kita sedang belajar, maka doakanlah semoga ia diberi pemahaman yang mudah, dan apa yang ia pelajari dapat bermanfaat, dan lain sebagainya.

Inilah setitik nasehat dari saya, semoga bermanfaat, dan semoga Allah memudahkan kita dalam mengerjakan kebaikan. Barakallahu fiikum.

Referensi:
Syarah Shahih Muslim. Imam Nawawi

NB:
Untuk rekan-rekan 2006 yang akan menghadapi ujian skripsi dan angkatan lain yang akan menghadapi ujian, tips ini dapat digunakan. Ayo kita saling mendoakan untuk kebaikan bersama, tapi gak usah bilang-bilang yah, cukup anda, malaikat, dan Allah yang tahu…Semangat…=)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar