Minggu, 15 Agustus 2010

Catatan Perjalanan Kersos 2010 : Mukadimah

***
Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam yang telah memberikanku kesempatan untuk melalui sebuah perjalanan yang luar biasa di kawasan timur indonesia, khususnya di Maluku Utara. Seperti dua tahun lalu, saat mengikuti Kersos 2008 di Kalimantan Selatan, aku menuliskan pengalaman-pengalamanku selama berlangsungnya kegiatan ini. Namun ada hal yang sedikit berbeda, pada dua tahun lalu, aku menulis catatan perjalanan secara langsung di lokasi, dan ketika kembali ke Jakarta, aku tinggal mengetiknya di komputer, mengeditnya seperlunya, dan langsung ku post di blog. Sedangkan pada tahun ini, kegiatan yang begitu padat selama kersos (karena pada Kersos tahun ini aku berstatus panitia, bukan peserta seperti pada kersos 2008) membuatku tidak sempat menulis catatan secara langsung di lokasi, sehingga aku menuliskan semua catatan perjalananku ketika telah sampai di Jakarta, dengan mengandalkan ingatan, dan bantuan foto-foto, dokumen kersos, facebook, dan twitter. Pada awalnya, aku membuat outline tulisan mulai dari muqaddimah ini, kemudian dilanjutkan dengan poin-poin hal yang terjadi setiap harinya mulai dari pra keberangkatan hingga kepulanganku (19-30 Juli). Aku berharap catatanku ini dapat menginspirasi dan memberikan pelajaran bagi siapapun yang membacanya. Selamat membaca.

Ternate Island, Viewed from Pelabuhan Rum - Tidore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar