Minggu, 30 November 2008

Ta’lim and the Lab…

Sabtu, 29 November 2008

Aku tiba di masjid Al-I’tishom sekitar pukul 09.10. Ta’im belum dimulai. Aku pun masuk dan shalat tahiyatul masjid, kemudian langsung mengambil tempat di baris ketiga. Sekitar pukul -09.30, Ust.Dzulqarnain Al-Makassari pun datang, ikhwan-ikhwan pun langsung meletakkan alat-alat perekam mereka diatas meja, termasuk aku. Tema kajian kali ini adalah seputar kaidah tahzir, tabdi’, dan hajr.
Bagi yang belum tahu, Tahzir adalah memperingatkan ummat/manusia dari kesalahan/kesesatan seseorang/kaum.
Tabdi’ adalah menjatuhkan vonis ahlul bid’ah.
Sedangkan Hajr adalah pemboikotan terhadap seseorang/kaum yang melakukan kesalahan/kesesatan.

Tentunya untuk melakukan ketiga hal tersebut tidaklah mudah, sehingga harus ada kaidah-kaidah syar’i yang harus diperhatikan. Dan tentunya kaidah-kaidah ini bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Perlu diingat bahwa dalam dakwah, harus ada tarbiyah (menjelaskan kebenaran) dan tashfiyah (menjelaskan/membantah kesalahan/kesesatan). Sesuatu itu dikenal karena ada lawannya. Manis dikenal karena ada lawannya, yakni pahit. Ilmu dikenal karena ada lawannya, yakni kebodohan. Tauhid dikenal karena ada lawannya, yakni kesyirikan. Dan sunnah dikenal karena ada lawannya, yakni bid’ah.

Maka, melakukan tahzir, tabdi’, dan hajr adalah bentuk tashfiyah. Dan merupakan salah satu bentuk amar ma’ruf nahi munkar, dan bentuk kecintaan seorang muslim terhadap saudaranya. Yah…jika kita mencintai saudara kita, maka tentu kita tidak mau saudara kita itu terjerumus dalam kesesatan. Maka wajib bagi kita untuk memperingatkannya.
Oke…aku tidak perlu bicara panjang lebar masalah ini, karena keterbatasan ilmu-ku. Untuk lebih baiknya, silahkan antum-antum mendengar sendiri penjelasan dari Ust.Dzulqarnain, silahkan download melalui link ini:

Kaidah tahzir, tabdi, dan hajr.zip

Oh ya,,, selepas ta’lim, aku membeli sebuah CD ceramah, yang mungkin bagi sebagian orang, pasti terlihat kontroversi dan berlebih-lebihan, judulnya:

The Kufr Of Magic and the Evil Of Harry Potter
Penjelasan Kerusakan Novel Harry Potter
Oleh: Abu Hamzah Yusuf

Buku dengan judul yang sama juga telah terbit, namun aku belum membelinya.
Waw…ada fans harry potter disini??? Sorry bro…jangan emosi dulu. Aku juga sebenarnya suka dengan Harry Potter, semua filmnya tidak pernah aku lewatkan. Tapi itu dulu…alhamdulillah setelah melihat (baru melihat) cover dan backcober buku-nya dan juga CD ini, aku langung tersadar. Alhamdulillah…

Kalau mau tahu…silahkan di dengar saja. Insya Allah, semua penjelasannya bersumber dari Al-Qur’an dan As-sunnah.

Oke…setelah ta’lim, aku langsung menuju ke kampus, karena ada jadwal nge-lab alias riset. Setelah mendapat instruksi dari Prof.Dr.Elza Ibrahim A, drg.,M.Biomed, aku dan 5 orang temanku pun langsung bekerja di Laboratorium Biologi Oral FKG UI. Kami melakukan ekstraksi dan isolasi DNA saliva, sebanyak 14 sampel. Kami selesai pukul 00.20.

Huuh…sekali lagi, hari yang melelahkan…

1 komentar: