Senin, 07 Juni 2010

Ayo Semangat!

بسم الله الرحمن الرحيم

Kalau di posting sebelumnya saya menceritakan dua hal konyol yg sepertinya gak penting, kali ini saya akan menceritakan dua hal yang penting:

Sabtu, 5 Juni 2010
Ini hari pertama saya belajar di kursus bahasa arab Sunna, yg berlokasi di Jl.Talang No.19. Tempatnya tidak begitu jauh dari kosan saya, sehingga cukup berjalan kaki saja. Namun karena hari ini saya bangunnya agak telat, jadi berangkatnya udah hampir jam 9, sementara jadwalnya jam 9. Saya pikir kalau jalan kaki pasti gak keburu, akhirnya naik kendaraan yang sebenarnya menyebalkan kalo kita berada di luarnya, yah, bajaj.

Sesampainya disana, selayaknya seorang muslim saya langsung memberi salam, dan ternyata yang menjawab adalah Ust.Ja'far Shaleh, dan terjadilah dialog singkat:

Saya : Ruang kursusnya dimana ya?
Ust.Ja'far: Oh, diatas, naik ajah lewat tangga itu (sambil nunjuk tangga), antum namanya siapa?
Saya: Amirul, ustadz
Ust.Ja'far: Ooh, Amirul Ihlas Hiroshi ya? (beliau tau nama saya dari formulir pendaftaran)
Saya: Iya bener
Ust.Ja'far: Antum orang Jepang ya? (seperti biasa, pertanyaan ini selalu terlontar dari hampir semua orang yang baru mengetahui nama lengkapku)
Saya: Haha, turunan, ustadz...

Saya pun berlalu dan langsung naik tangga menuju ruangan belajar. Di ruang belajar baru ada 3 orang, saya pun memberi salam, dan menyalami mereka satu persatu. Ketiga orang itu adalah pak supriyatno, pak een, dan mas yuda. Ketiganya baru saya kenal hari ini, dan semuanya telah berusia jauh diatas saya. Satu persatu peserta kursus pun berdatangan hingga kelas kecil sederhana yang berukuran kurang lebih 4x6 meter itu penuh, sekitar 15 orang. Tak lama kemudian datanglah Ust.Ja'far memberikan muqaddimah. Ust.menjelaskan bahwa target pelajaran bahasa arab ini ada 3 yakni:
1. Nahwu dan Shorof
2. Percakapan
3. Penulisan

Yah, ini memang bukan kali pertama, saya belajar bahasa arab. Sebelumnya saya sudah pernah belajar sedikit melalui program kursus bahasa arab yg diadakan BPI di kampus FKG UI, dgn pengajar Ust.Brian Muntaqo, dan yang paling bermakna adalah pelajaran bahasa arab yang saya ikuti di ma'had umar bin khattab, Yogyakarta, tahun 2009 yg lalu. Namun selama ini yg saya pelajari hanyalah sedikit tentang nahwu dan shorof. Tentu saja itu masih sangat kurang, apalagi mengingat cita2 saya yg ingin kuliah di saudi, tentu harus dibarengi dgn kemampuan percakapan, dll. Alhamdulillah kursus ini mengakomodir semuanya, walaupun memang lebih ditekankan pada nahwu dan shorof.

Setelah itu kelaspun diambil alih oleh Ust.Taufiq, dan pelajaranpun dimulai. Ust.Taufiq memulai dgn memberikan pengantar tentang pentingnya belajar bahasa arab, sebagian yg disampaikannya telah saya ketahui, namun sebagian lainnya belum. Kemudian kegiatan dilanjutkan dgn pembagian buku paket, kami diberi 2 buku, yakni: durusul lughotil arabiyah utk percakapan, dan Al-Muyassaru Fii 'Ilmi Nahwi utk ilmu nahwu, sementara kitab shorof-nya belum dapat dibagikan (nyusul). Waw....dua kitab ini tentunya sudah tidak asing bagi saya. Kitab durusul lughoh telah saya kenal sejak SMA dan telah sedikit2 saya pelajari sendiri. Sementara Al-Muyassar adalah kitab yg saya pelajari dan khatam-kan di Jogja. Yaah, gapapalah...dipelajari lagi, biar ilmunya makin mantap gan..hehe :)

Singkat cerita, pelajaran pun dimulai dan selesai pukul 11.00, saya pun pulang dengan berjalan kaki. Alhamdulillah banget bisa kembali mempelajari bahasa Al-Qur'an dan As-Sunnah ini, semoga Allah memudahkan dalam memahami bahasa ini, sehingga mudah pula dalam memahami Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Ahad, 6 Juni 2010
Saya kira ini adalah hari yang sangat bersejarah untuk dakwah kampus di UI Salemba dan Mesjid At-Tauhid Arif Rahman Hakim, karena hari ini adalah hari dilaksanakannya dauroh ilmiyah pelajar dan mahasiswa se jabodetabek. Saya sendiri bertindak selaku panitia (walaupun bisa dibilang panitia cabutan, yg kontribusinya hampir gak ada, hehe, maafkan saya teman2 panitia yg lain). Hmm...karena dalam acara ini saya jadi panitia, jadinya gak bisa terlalu fokus dengerin kajiannya, tapi gapapalah, yang penting tetap ada manfaat dan ilmu yg didapat. Pemateri acara ini adalah Ust.kurnaedy dan Ust.badrusalam hafizhahumallahu, dengan topik: meraih kebahagiaan dunia dan akhirat dengan ilmu, dan menjadi pemuda yang mendapat naungan Allah pada hari kiamat. Pokoknya seru lah acaranya...(udah males nulis detailnya, hehe), liat foto dibawah ini aja gan:



Sekian dulu cerita saya, entar kalo sempat insya Allah ditambahkan sedikit tentang isi materi yang sempat saya tangkap.

Ayo Semangat Menuntut Ilmu Agama Wahai Pemuda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar