Minggu, 27 Juni 2010

Makan dan Minum dengan Tangan Kiri = S*t*n !

بسم الله الرحمن الرحيم
Oleh: Amirul Ihlas Hiroshi, SKG

Sering sekali saya menegur teman yang makan atau minum dengan tangan kiri, bahkan ada beberapa orang yang saya tegur berkali-kali karena masih selalu makan dan minum dengan tangan kiri. Teguran saya itu bukannya tanpa alasan loh. Bagi yang masih penasaran apa alasannya, pada kesempatan ini saya akan membawakan hadits dan penjelasan singkat yang berkenaan dengan masalah ini. Semoga penjelasan ini dapat dipahami dan diamalkan. Let’s check it out:

عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ جَدِّهِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

Dari Abu Bakr bin 'Ubaidullah bin 'Abdullah bin 'Umar dari kakeknya Ibnu 'Umar; bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika seseorang diantara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula."
[Diriwayatkan oleh Muslim No.3764, Tirmidzi No.1722, Abu Daud No.3283, Ahmad dalam Musnadnya No.4309, 4654, 6050, Malik dalam Al-Muwatho’ No.1439, dan Ad-Darimi No.1944. Lafazh ini adalah lafazh Muslim]

Penjelasan Hadits (Al-Iidhahu wattibyiinu lamma waqa’a fiihil aktsaruuna min musyabihatil musyrikiina 1/228):

Hadits-hadits ini menunjukkan larangan makan dan minum dengan tangan kiri dan jelas bahwa ini merupakan perkara yang diharamkan, sebagaimana pendapat ibnu abdil barr, ibnu hazm, dan yang lainnya. Namun dibolehkan makan atau minum dengan tangan kiri apabila tangan kanannya dalam keadaan sakit atau dalam perawatan medis (sehingga tidak memungkinkan digunakan untuk makan atau minum, pen), sebagaimana yang disebutkan An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim. Alasan pelarangan ini, seperti yang disebutkan dalam hadits, yakni karena menyerupai setan. Alasan lainnya, orang yang makan dan minum dengan tangan kiri, ia makan dan minum bersama setan, sebagaimana dalam hadits lain:

من أكل بشماله أكل معه الشيطان ومن شرب بشماله شرب معه الشيطان

“Barangsiapa makan dengan tangan kiri, maka dia bersama setan, dan barangsiapa minum dengan tangan kiri, maka dia bersama setan”
[Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya No.23339. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata:Sanadnya Hasan]

Demikian tulisan singkat ini. Ada yang mau disamain dengan setan atau makan minum bareng setan? Kalo nggak,jangan makan atau minum pake tangan kiri ya..:)

Referensi:
  1. Shahih Muslim, Musnad Imam Ahmad, Sunan Tirmidzi, Sunan Abu Daud, Sunan Ad-Darimi, Al-Muwatho’. Software Kitab 9 Imam Hadits. Lidwa Pusaka
  2. Al-Iidhahu wattibyiinu lamma waqa’a fiihil aktsaruuna min musyabihatil musyrikiina. Maktabah Syamilah
Salemba, 27 Juni 2010
23.45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar