Rabu, 14 Mei 2014

PTT Notes 006: From Ambon with Love

Senin, 12 Mei 2014

Hari ini hari yang istimewa buat gue dan istri, karena hari ini tepat dua tahun usia pernikahan gue. Karena jarak jauh, mau gak mau gue gak bisa ngerayainnya bareng istri, yaa biasanya sih gak ada perayaan yang macem-macem, sederhana aja, paling makan-makan. So, gue cuma bisa bikin photo grid sederhana, dari foto-foto lama dan foto-foto yang gue ambil di Ambon. Dua foto yang gue ambil di Ambon memang udah gue rencanakan sebelum berangkat. Dua foto itu adalah tulisan Iroel love Tiara di atas pasir pantai Natsepa, dan tulisan From Ambon with Love di atas pasir pantai Liang. Photo grid yang udah gue bikin itu pun gue post di path dengan ngetag istri gue.

Photo Grid 2nd wedding anniversary

Terjebak dalam "OSPEK" di ruang makan
Hari ini kita dapat tugas ikut acara hari kesehatan dunia di lapangan merdeka, katanya sih acara ini bakal dihadiri bu Menkes. Jadinya kita disuru siap di lapangan merdeka jam 8. Sekitar jam 7, baru gue dan Win yang siap, sementara cewe-cewenya ya biasalah, pada nyantai dan mandinya lama. Gue dan Win akhirnya mutusin untuk sarapan duluan.

Di ruang makan udah banyak anak-anak sekolah keperawatan Aru beserta pembimbing mereka yang juga sedang sarapan. Gue perhatiin selama gue di Bapelkes ternyata pembimbing/pendamping mereka itu super galak, disiplin  dan ala-ala militer, hihi serem juga. Mereka pada sering banget diomelin, baik di asrama maupun di ruang makan, tak terkecuali pagi ini. Jadilah gue dan Win terjebak dalam "OSPEK" mini di ruang makan.

Gue dan Win udah selesai sarapan, tiba-tiba Win minta kunci kamar dan balik ke kamar, jadilah gue sendirian dalam "OSPEK" ini. Sejurus kemudian setelah Win ninggalin gue, datanglah ibu pembimbing SPK menghampiri gue beserta seorang mahasiswi-nya, jeng...jeng...jeng...ada apa ini? bukan aku yang melakukannya!!! Aaaargh...dan doi pun berkata:

"dok, ini siswa saya lagi sakit, katanya sakit-sakit pinggang waktu buang air, bisa tolong dicek dan kalo ada obat bisa dikasi" (nah lho)

Gue: (dengan sedikit bingung dan nyengir-nyengir) "Oh iya bu, sebentar ya tunggu teman saya balik ke sini, saya dokter gigi, nanti temen saya yang dokter umum yang ngecek"

"Oh iya dok"

dan sang pasien (Mrs.X) pun duduk di samping gue di satu meja makan, dan krik..krik..krik pun terjadi. Gue bingung juga mo ngomong apa, dan doi juga diem aja, jadi..yaudahlah, tunggu Win aja. Beberapa saat kemudian Win pun datang dan gue langsung nunjukin pasiennya buat di anamnesis. Dari hasil anamnesis Win, doi menyimpulkan kemungkinan pasien menderita infeksi saluran kencing, jadinya doi disuru cek urin, kalo positif akan diberi antibiotik.

Setelah sesi pasien kilat di ruang makan, muncullah Indri, Dena, dan Shella. Setelah mereka selesai sarapan, kami berlima berangkat duluan, karena waktu udah menunjukkan jam 8 lewat dikit, sementara ciwi-ciwi yang lain belom pada siap. Kami berlima pun berangkat naik angkot menuju lapangan Merdeka. Abis naik angkot, kita pada jalan kaki lewat jalan-jalan tikus dengan panduan Shella yang sebelumnya udah pernah ke Ambon. Sampailah kita di lapangan merdeka, nunggu teman-teman yang belum datang, dan akhirnya duduk di tenda.

GJ to the max
Sorry to say, acara ini agak-agak GJ (Gak Jelas) dan fungsi kami hadir pun GJ. Daaan yang bikin kesel adalah bu Menkesnya ga jadi hadir dan udah pulang kemaren. Heey, padahal keberangkatan kami ditunda katanya karena nunggu dia. Acara ini gak ada hubungannya sama PTT.  Sementara banyak hal yang berhubungan dengan PTT, misalnya pemberkasan yg berhub.dengan penggajian nanti, serta kepastian kapan kami akan diberangkatkan ke kabupaten.

Setelah acara GJ ini selesai, kami ke ACC (lagi) buat makan siang dan belanja. Gue juga harus beli kacamata renang buat gantiin kacamata renang Shella yg gue ilangin waktu ke pantai, hikz... Setelah makan siang di Solaria (gue gak mesen I Fu mi lagi kok), gue bareng Shella ke sport station buat beli kacamata renang.

Dari ACC, gue bareng dena, Indri, dan Shella ke toko bangunan di samping ACC. Lah buat apa? Hehe..Indri dan Dena pada mo beli pelampung, buat persiapan kalo ditempatin di pulau. Sementara gue gak beli lagi karena bakal dapat pinjeman dari senior gue yang lagi PTT di Maluku Tenggara. Tapi ternyata pelampung yang bagus tinggal 1, jadinya cuma Indri yang dapet pelampung. Dena masih harus nyari-nyari lagi.

Dari ACC, kami kembali Bapelkes dan istirahat sebentar. Abis itu gue nelfon pak Usman buat mastiin keberangkatan ke kabupaten. Pak Usman pun nyuruh kami kumpul di Dinkes Provinsi jam 6 nanti. Gue pung ngabarin ke semuanya dan nyuruh siap-siap, kita bakal berangkat jam setengah enam nanti.

Jam setengah enam Alhamdulillah semuanya udah siap dan gak ada yang ngaret. Kami pun berangkat pake angkot charteran.

Yang paling ditunggu-tunggu
Di dinkes provinsi yang ditunggu-tunggu pun datang, apa itu? Hehe jelaas, pembagian duit transpor. Jadi besok yang bakal berangkat ke kabupaten hanya dua kabupaten, yakni kota Tual dan kab.Buru Selatan. Tim kota Tual juga diberikan tiket pesawat, untuk keberangkatan besok jam 12.30 menggunakan wings air. Oya, katanya sih overbaggage nanti akan dilobi oleh pendamping, entah dalam bentuk apa, mungkin kortingan, atau pembebasan (ngarep). Kebetulan pendamping tim Tual adalah pak Usman sendiri.

Bagi-bagi duit dan tiket beres, pada pulang deh tuh ke bapelkes, kecuali gue, dena, dan gabby. Gue diminta nemenin ngambil pelampung buat Dena ke seniornya gabby yang ada di Ambon. Gak mungkin juga mereka keluar sendiri malem-malem di kota Ambon ini. Maka janjianlah kami di Istana Roti dan Es Hilyah Bakery yang berada di daerah Batumerah. Untuk nyampe ke sana kami naik angkot ditemenin Odi yang orang Ambon asli. Sampe di sana, kita langsung duduk dan mesen makanan sambil nungguin Kak Ai senior. Ada banyak makanan di tempat ini, namun yang mendominasi adalah roti dan kue (yaeyalah namanya juga istana roti). Gue, Dena, dan Gabby semuanya  mesen roti kuah ayam. Untuk minumnya gue mesen es campur, dena mesen jeruk nipis anget (soalnya msh batuk), dan gabby es jeruk nipis.

Plang Menu

Roti kuah ayam

Es Campur

Roti kuah ayam itu bentuknya gak kayak roti sih sebenarnya..hmm lebih kayak adonan tepung yang direbus dengan bentuk tak beraturan (mirip roti jala, tapi gak beraturan), terus disiram kuah kari ayam plus ayamnya satu potong. Porsinya lumayan banyak dan bikin kenyang. Tadinya gue pikir ini buat cemilan, tapi ternyata ini makan malam gue. Rasanya maknyoos. Recommended!

Sedangkan es campurnya itu berisi buah cocktail nanas dan pepaya, agar-agar jelly warna ijo dan merah, serta kacang merah yang buanyak, disajikan dengan air sirup merah dan ditambah susu kental manis cokelat. Rasanya juga seger dan enak. Sekitar jam 8 malam kak Ai datang, mesen makan dan ngobrol-ngobrol serta ngasi pelampung buat Dena. Doi juga nraktir kami bertiga...waduuh..ga enak nih, tapi Alhamdulillah sih hehe. Jam 9 kurang kami kembali Bapelkes.

Nyampe Bapelkes gue langsung mandi, shalat, dan fiksasi packing-an untuk keberangkatan besok. Kami berencana berangkat jam 8.00 dari Bapelkes.

Hmm..gak sabar nih pengen ngeliat kabupaten penugasan, tapi sedih juga udah harus berpisah sama teman-teman PTT Maluku yang udah seminggu ini bersama. Yaa tapi itulah pengabdian. Teman, tempat, dan tugas baru telah menanti di kabupaten penugasan masing-masing. Selamat bertugas dan mengabdi teman-teman!