Senin, 05 Mei 2014

PTT Notes 001: Inisiasi

PTT Kemenkes MEI 2014

Mukaddimah

Bismillahirrahmanirrahim, tahun ini gue mutusin ikut program PTT (Pegawai Tidak Tetap) yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan. Karena ini adalah kegiatan yang cukup penting dan menarik, maka gue akan menceritakan pengalaman-pengalaman gue selama mengikuti kegiatan ini, mulai dari pembekalan di Jakarta sampai tiba di daerah penugasan yang akan dilalui dalam waktu 2 tahun. Gue harap tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman sejawat ataupun junior yang berencana untuk PTT. Semoga Allah memudahkan

Senin, 28 April 2014
Petualangan bermula


Hari ini dijadwalkan pembekalan dr./drg PTT di Kementerian Kesehatan, kami diberitahu bahwa acara pembekalan akan dimulai jam 7.30, dan seluruh peserta diharap untuk datang setengah jam sebelumnya alias jam 7.00. Maka berangkatlah gue bersama istri tercinta dari Pedalaman Ciputat pada pukul 5 lebih sedikit. Alur yang kami rencanakan adalah: Rumah >> SDN Grogol Selatan 07 Pagi (jemput pasien istri) >> lewat kuningan (nge-drop saya di Kemenkes >> Istri lanjut ke UI Salemba.

Perfect plan!!!

Tapi...ternyata eh ternyata, baru keluar tol veteran lalu lintas macetnya udah gak ketulungan. Think and re-think...akhirnya gue memutuskan untuk turun dari mobil dan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan mungil anti macet bin nyebelin bagi pengguna jalan yang lain, alias ojek. Ceritanya mo ngejar jam 7.00 sampe Kemenkes di Kuningan nih, maka gue pun menghampiri abang ojek yang mangkal deket warung pisang pasir yang terkenal dan enak itu lho, udah pernah nyobain belom pisangnya? *salah fokus* Setelah melewati proses negosiasi dan tawar menawar yang begitu alot, akhirnya gue menyerah sama nih tukang ojek, dan deal di harga Rp.70.000,- Whaat? Yeah 70ribu, mampus ga tuh? tapi yaudahlah, karena gue emang butuh doi dan butuh cepet ya terpaksa deh.

Ojek goooo...

wuuuz...wuuuz...ojek ini pun melaju menembus kemacetan bagai seorang kesatria yang menerjang musuh di medan perang. Skill bermotornya lumayan juga nih abang, beberapa kali motornya ampir keserempet kendaraan lain saat mencoba menembus kemacetan dengan metode potong zig-zag dan ngelawan arus, tapi ajaibnya gak pernah nyerempet setipis benang pun, hehe. Abang ini juga membawa gue melewati jalan tikus antah berantah yang belum pernah gue jamah sebelumnya,.

Singkat cerita, sampailah gue di kantor kemenkes sekitar jam 7.05. yooi, lumayan tepat waktu lah, gue pun ngebayar abang ojek profesional ini sambil tersenyum (padahal dalam hati menangis, 70rb gueeeeee).

Lanjuut, gue pun langsung menuju tempat diadakannya pembekalan, yakni ruang Johanes Leimena. Bagi yang belum tau, Johanes Leimena ini adalah salah satu menteri kesehatan kita, doi pernah menjabat sebagai menkes pada masa pemerintahan presiden Soekarno. Di depan ruang J.Leimena terpampang foto-foto menkes dari yang pertama sampai terakhir. Satu hal yang menarik, ternyata menkes pertama kita hanya menjabat 3 hari.


Menkes pertama Dr. Buntaran Martoatmojo yang menjabat dari tanggal 12-09-1945 s/d 14-09-1945

Oya dan satu hal lagi, kebanyakan ruangan-ruangan di gedung kemenkes ini emang dinamakan dengan nama-nama mantan menkes lho. Ruang J Leimena ini konon kabarnya adalah ruang yg istimewa karena merupakan ruang rapat menteri, jd (katanya sih) suatu kebanggaan bisa ikut acara di ruang itu.

Nah, sesampenya di sana udah banyak dokter-dokter yang bertengger di depan ruangan, karena belum boleh masuk ruangan, gue pun ketemu dengan sejawat dokter gigi sesama lulusan UI, yakni Akrom'05, Titi'05, dan Dena'07. Akrom mendapat daerah penugasan Kep.Morotai-Maluku Utara, Titi di Konawe Selatan-Sultra, dan Dena bersama gue di Kota Tual-Maluku.

Waktu terus berjalan..udah setengah 8 kok belum dimulai juga nih?? Daan..acara pun dimulai pada pukul 09.00. Errrrghhh...kembali teringat 70rb gue,,,hikz, nyesek, tau gitu tadi naik mobil aja.



Acara pun dimulai, kami diberi berbagai materi yg sebenarnya sih berguna, cuma karena terlalu padet dan banyak plus ngejar waktu jdnya puyeng jg. Dan acara puncaknya adalah sambutan Bu Menkes Dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, yang baru bisa hadir sekitar jam 12 lewat. Pada sambutannya bu menkes sangat mengapresiasi dokter-dokter muda yang berani ikut PTT. Kata doi (kurang lebih ya): "saya yakin dalam diri kalian mengalir darah adventure, walaupun sedikit, karena kalo tidak, kalian tidak akan berani untuk ikut PTT yang penuh tantangan ini."


Sambutan bu Menkes


Diskusi bersama bu Menkes dan para pejabat Kemenkes

Doi juga nyeritain pengalaman doi waktu bertugas di daerah terpencil 50 thn yang lalu, tepatnya di Ende NTT. Setelah ngasi sambutan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi dengan Menkes, ISHOMA, daaan...Materi lagi (huuft zzzzz). So pasti semua peserta udah pada gak konsen. Setelah materi selesai, acara yang benar-benar puncak dan paling ditunggu pun dilaksanakan, yakni pembagian uang jalan dan SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas), yuhuuuy.

Udah tuh...Jam 4 gue pun pulang. Tadinya pengen naik busway ke lebak bulus, dengan rute gini:

Halte depkes » transit kuningan timur » transit semanggi » transit harmoni » lebak bulus

Atau

Halte depkes » transit dukuh atas » transit matraman » transit harmoni » lebak bulus

Tapi si Akrom ngingetin gue kalo rute itu terlalu panjang, lama, dan macet, katanya mending naik bus. Hmm,, iya juga yaa. Mikir lagi sambil jalan ke depan gedung kemenkes. Di pinggir jalan gue ngeliat kopaja jurusan manggarai, dan cling...diatas kepala gue muncul bohlam nyala, gue ambil trus gue jual deh,,bukaaaan!!! Gue jd kepikiran untuk naik kereta aja dari manggarai. Hmm...good idea, itu akan jauh lebih cepat. Tapi males naik kopaja nih, jd gw memutuskan utk memilih yg lebih kecil dan lebih cepat, yakni...jeng jeng jeng...Ojek lagi, hehe. Walaupun agak trauma sama kejadian tadi pagi, tapi bodo amat lah. Gue samperin lah abang-abang ojek dan kembali memulai negosiasi dan tawar menawar hingga didapatkan deal 25 rb sampe stasiun manggarai, yaa not bad lah.

Berangkat deh..eeh..baru nyampe kuningan city tiba-tiba gue merasakan titik-titik air yang mulai membasahi badan gw.

Allahumma shoyyiban naafi'an

Bang..bang neduh dulu
Iyaa mas ni lg nyari tempat neduh


Dan akhirnya kita pun neduh dulu di gapura Taman Pemakaman Umum Karet Pulo. Kirain mo neduh sampe ujannya reda, ternyata abangnya ngeluarin jas ujan dan nyuruh gw buat make, waah, swedia jg nih abang, saluut. Swedia apaan ya? Swedia jas hujan sebelum hujan maksud gue, hahay.

Okee setelah pake jas hujan dan masang rain cover di tas gue. Perjalanan pun dilanjutkan, dan kembali abang ojek ini membawa gue lewat jaltik alias jalan tikus, lewat jalan kuburan lagi. Karena hujannya cukup deras, jd gw harus merelakan sepatu dan kaos kaki gue kena ujan, soalnya jas ujannya emang ga nutupin sepatu. Gw juga agak khawatir isi dalem tas gue basah, karena rain covernya emang biasanya gak terlalu ngaruh. Gue cuma berdoa semoga SPPD-nya gak kenapa-kenapa. Klo sampe basah bisa gawat nih.

Akhirnya sampe juga di stasiun manggarai, disana gw langsung beli tiket dan nunggu di peron. Jam 5 kereta kosong jurusan serpong pun datang. Orang-orang pada rebutan masuk ke dalam, alhamdulillah dapet tempat duduk karena emang keretanya masih kosong. Gue pun langsung ngecek keadaan SPPD yang gue curigai basah, Alhamdulillah doi selamat. Tapi beberapa buku dan leaflet yang dibagiin saat pembekalan jadi pada basah. Yaudahlah yaa...gak dibaca juga, hehe.

Okee..sampelah gue di stasiun jurangmangu, stasiun yang terdekat ke rumah gue. Next Question, ke rumah naik apa ya? jarang naik angkutan umum nih selama di ciputat. Hmm...don't say that!!! Yeaaah,,,OJEK lagi :D. Dan seperti yang sudah-sudah gue mulai nego dan tawar, deal 20rb sampe taman kedaung. Maka ojek pun melaju,,,daaaan once again...gue dibawa melalui jalan tikus nan berliku dan gelap. Agak serem juga nih, takut diculik, hehe. Tapi gue udah siap tempur kok, apapun yang terjadi akan gw hadapi dengan segenap jiwa raga *ceile*. Tp untungnya enggak diapa-apain sih..gw akhirnya sampe rumah dengan selamat. Alhamdulillah.


So, kesimpulannya...

Today is Ojek and Jalan Tikus Day

Bravo tukang ojek dan jalan tikus...


Yeaayy


Nantikan kisah gue selanjutnya...
Masih dalam serial PTT kemenkes periode mei 2014

bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar