Rabu, 14 Mei 2014

PTT Notes 007: Welcome to Tual City

Selasa, 13 Mei 2014

Hari ini hanya dua Kabupaten yang berangkat, yakni Kota Tual dan Buru Selatan, menyusul Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kep.Aru akan berangkat besok (14 Mei 2014), sementara Seram Bagian Barat (SBB), dan Seram Bagian Timur (SBT) sampai berita ini diturunkan belum ada kejelasan kapan berangkatnya.

Bangun pagi gue disambut oleh surat cinta lewat BBM yang dikirim istri gue, isinya kayak gini:

Happy anniversary sayang. Semoga jodoh kita panjang dunia akhirat dan diridhoi oleh Allah. Aminn.. kamu ada di tempat yang jauh tp selalu ada di hati aku *nunjuk dada. Pulanglah dengan sehat selamat sampai ke rumah. Jgn sampai tersesat ataupun lupa jalan pulang. Aku menunggumu disini di rumah bersama anak kita, menantimu membawa rezeki dari Allah untuk kami. Lekaslah pulang setelah selesai pengabdianmu, krn aku membutuhkanmu untuk mendidik anak kita dan menua bersama. Love you always Insya Allah -tiara :')

Ngebaca itu gue langsung nangis. Terlebih lagi semalam gue mimpi ketemu dan ngegendong anak gue. Aaarghh..harus kuat, harus kuat. Semua gue lakukan demi keluarga juga kok.

###
Gue udah siap berangkat sejak jam 7 pagi, sambil nungguin pak Pai supir mobil sewaan (yang juga kami pakai saat ke pantai), gue ngobrol-ngobrol sama Win. Jam 8 pak Pai pun datang, gue langsung masukin koper dan tas sendiri ke mobil serta bantuin ngangkat koper dan tas Indri dan Dena yang super berat itu, Win juga ikut ngebantu. Tak lupa gue pamitan sama teman-teman kabupaten lain yang belum berangkat. Dalam proses pengangkutan koper ini terjadi kecelakaan kecil, yakni gue gak sengaja nibanin kaki Indri pake kopernya sendiri sampe doi teriak-teriak kesakitan dan hampir nangis, ckckck..sorry sis, gak sengaja, lagian sapa suru koper berat-berat.

Setelah semua koper masuk, gue bertiga pamitan sama Win dan pegawai-pegawai Bapelkes. Setelah itu berangkatlkah kami meninggalkan daerah kudamati yang sudah menemani kami selama seminggu ini. Tujuan kami selanjutnya adalah daerah batumerah buat ngejemput Ilyas. Setelah Ilyas dan barang-barangnya terangkut, langsung meluncur deh ke Bandara.

Sepanjang jalan kami ngobrol-ngobrol dengan pak Pai. Pak Pai ini orangnya sangat baik dan lucu. Alhamdulillah gue sempet minta nomer HPnya pas pulang dari pantai hari sabtu yang lalu, jadi pas butuh mobil rental buat ke bandara ya tinggal nelfon doi. Doi sempet nyeritain kisah hidupnya yang lumayan mengharukan. Jadi doi tuh dulunya adalah seorang mekanik kapal dan mobil, tapi doi resign karena gajinya gak naik-naik (hanya 2 juta per bulan selama 4 tahun). Namun setelah ditelusuri, ternyata harusnya gaji doi itu udah naik sejak setahun kerja menjadi 4 juta, namun kenaikan gajinya itu menurut cerita doi, dipotong dan dimakan oleh orang bagian personalia, jadinya doi hanya menerima gaji yang sama padahal harusnya udah naik. Kalo emang bener seperti itu yaa kasian juga sih. Akhirnya doi pun resign dan mutusin buat jadi supir mobil rental milik kakaknya. Selama resign doi masih dapat banyak tawaran buat jadi mekanik kapal lagi, tapi doi tetap bersikukuh gak mau, dan hanya mau kembali kalo gajinya Rp.12.000.000,-..mantap pak..itu baru namanya berprinsip.

Bandara Pattimura
Sekitar jam 9.30 kami sampai di Bandara Pattimura, kamipun pamit dan bayar biaya rental mobil ke pak Pai. Sebenarnya biaya sewanya Rp. 200.000, tapi karena doi baik jadi kita tambahin jadi Rp. 270.000. Sampai ketemu lagi pak Pai.

Di bandara kami berempat sarapan dulu di sebuah restoran cepat saji, sambil nunggu pak Usman datang.

Jam 11 pak Usman pun datang, dan kami langsung cek in. Seperti yang sudah diduga, bagasi kami over sekitar 71 kg, karena batas maksimal bagasi hanya 10 kg per orang. Praktis kami berempat semuanya mengalami overbaggage, dan penyumbang overbaggage terbesar jatuh kepadaaa...jeng jeng jeng...Indri dan Denaaa...hahaha. Sementara pak Usman gak ada bagasi. Hmm...ngomong-ngomong masalah overbaggage, gue jadi inget masalah lobi-lobi bagasi nih. Katanya bakal dibantu lobi-lobi,,,pffft,,,ternyata itu hanya hoax belalang, eh belaka maksud gue. Jadinya total kita harus ngebayar Rp.1.094.000. Pesan sponsor: jangan terlalu percaya sama janji-janji birokrat

Wings Air Ambon-Langgur (Tual)
Jam 11.55 kami udah dipersilahkan naik ke pesawat ATR72-500 milik wings Air. Pesawat ini adalah pesawat berukuran sedang dengan dua mesin baling-baling eksternal di kedua sayapnya, serta berkapasitas 80 orang penumpang.

Tim Tual dengan background pesawat ATR72-500 Wings Air yang akan membawa kami ke Langgur

Jam 13.30 pesawat kami take off menuju bandara Langgur.

Dalam perjalanan, rasa-rasanya sih gue ngantuk, tapi entah kenapa emang gue jarang banget bisa tidur di pesawat, bagaimanapun kerasnya gue paksain. Tetiba aja gue jadi inget anak gue yang super lucu "Syakirah", mungkin ini kali yang namanya kangen yaah, walaupun baru seminggu. Gak kebayang sih gue bakal gak ketemu dia selama berbulan-bulan. Yaa untungnya semalem gue sempat ketemu Syakirah dalam mimpi, lumayanlah buat ngobatin rindu. Dan gue sekonyong-konyongnya jadi nangis lagi di pesawat, untungnya ga ada yang ngelihat karena teman-teman di kanan kiri gue semua lagi pada tidur. Jadi gak ada yang tau, kecuali lo pada baca tulisan ini, hehe. Yaudahlah..A man does cry, for a reason.

Hmm..dan sekarang gue jadi pengen nulis surat cinta buat anak gue, setelah semalem dapet surat cinta dari istri via BBM. Loh kok balesnya buat anak bukan buat istri? Karena:
1. Sama istri udah bbm-an tiap hari
2. Ditujukan buat anak, tetep aja uang baca dan ngebales ya istri-istri gue juga, orang anak gue masih 10 bulan, mana bisa baca? Hehe.

Oke, ini suratnya:

Surat Cinta untuk Syakirah
Bismillahirrahmanirrahim

Dear my little Angel "Syakirah"

Apa kabar nak? Gimana rasanya seminggu tanpa papa? Papa ga tau kamu udah bisa ngerasain yang namanya kangen apa belum, tapi yang jelas papa kangen berat sama kamu. Disini gak ada yang nangis minta nenen tengah malem, ga ada yang minta digendong dan jalan-jalan, ga ada yang papa gantiin popoknya, ga ada yang papa kejar-kejar setengaj mati buat nyuapin makan, ga ada yang papa anterin ke RS buat imunisasi, ga ada yang manjat-manjat badan papa, ga ada yang narik-narik kacamata papa, ga ada yang nyium papa sampe saliva-nya nempel, yaaah..pokoknya ga ada tawa dan tangismu yang gemesin.

Naik, baik-baik ya di rumah, jangan nakal, dengerin kata mama. makannya yang banyak dan jangan milih-milih, insya Allah semua yang kamu makan itu halal kok, gak ada daging babi atau hasil curiannya, hehe. Inget selalu untuk baca dan hafalin doa-doa dan surat-surat pendek yang sering papa dan mama bacain. Hormati kakek dan nenek.

Doain papa biar selamat dan sukses, dan bisa ngasi rejeki yang halal buat kamu dan mama. Doain juga mamanya biar cepet lulus supaya bisa punya lebih banyak waktu untuk kamu. Papa akan pulang segera begitu ada rejeki dan kesempatan, walaupun sebentar.

Oyaa..papa nanti di kota Tual akan bertugas bareng om dr.Ilyas, tante dr.Indri, dan tante drg.Dena. Semuanya orangnya baik-baik kok. Insya Allah gak akan gangguin atau nyakitin papa.

Nanti papa bakal ditempatin di pulau terpencil yang jauh dari kota, dan mungkin ga ada sinyal HP. Jadi papa minta maaf kalo nanti gak bisa nelfon atau ditelfon. Tapi papa janji kalo lagi di Kota dan ada sinyal insya Allah bakal nelfon mama dan kamu.

Udah dulu ya sayang, jadi anak baik dan shalihah. Semoga Allah senantiasa menjaga kalian berdua. Barakallahu fiikuma.

With Love,

Papa

###

Lega juga nih abis nulis surat cinta buat Syakirah, sekarang tinggal nunggu pesawat ini mendarat di Bandara Langgur.

Welcome to Tual City
Pesawat ATR72-500 ini Alhamdulillah mendarat dengan selamat di Bandara Langgur pada pukul 14.00. Sebelum mendarat, kamu sudah disambut dengan pemandangan gugusan pulau yang sangaat indah. Setelah turun dari pesawat gue sempetin ngambil foto, dan setelah itu ngambil bagasi.

Pemandangan Kepulauan Kei yang menyambut kami sebelum mendarat di Langgur

Kami dijemput orang dinkes, plus drg.Pretty dan drg.Idham yang merupakan dokter PTT pendahulu kami. Ilyas juga dijemput oleh keluarganya. Gue pun ikut mobil Ilyas ke rumahnya, sementara Dena dan Indri diantar oleh orang dinkes ke kos-kosan.

Bandara Langgur > Love the Sky

Kamipun meluncur ke tujuan masing-masing. Bandara Langgur ini berlokasi di kabupaten Maluku Tenggara. Maka kami bergerak menuju kota Tual yang hanya dibatasi oleh jembatan dengan kabupaten Maluku Tenggara. Kota Tual terlihat cukup sunyi dan kecil, sangat jauh berbeda dengan kota Ambon. Untuk sampe ke rumah Ilyas hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

Di rumah Ilyas, gue dipersilahkan menempati kamar dan diajak makan siang serta minum teh dan kue-kue. Abis itu gue shalat, trus nyuci pakaian kotor gue yang udah cukup numpuk dari Bapelkes kemaren. Abis nyuci gue diajak ke supermarket "GOTA" buat belanja logistik pribadi yang belum ada atau udah mo habis.

Malemnya setelah makan malam gue diajak ke rumah om-nya si Ilyas yang merupakan orang yang cukup penting di Kota Tual, om-nya ini sekarang menjadi kepala bagian penanggulangan bencana. Oleh om-nya Ilyas yang kalo ga salah namanya pak Muh, gue diceritain tentang keadaan di pulau-pulau terpencil seperti Tayando dan Kur, karena doi sangat sering keliling pulau-pulau. Alhamdulillah setelah denger cerita pak Muh jadi lebih tenang.

Abis dari rumah pak Muh, gue dan Ilyas menuju ke kos-kosan Dena dan Indri, kami mo ngejemput mereka buat ke supermarket, karena mereka juga mo belanja. Setelah belanja, Indri bilang kalo mereka pada belom makan malam, jadinya kita ngajakin mereka ke rumah Ilyas buat makan malam dan sekalian nginep. Karena memang di rumah Ilyas udah disiapin kamar buat mereka juga. Jadinya dari supermarket kita ke kosan dena dan indri buat ngambil pakaian mereka, baru kembali ke rumah Ilyas.

Udah hampir jam 11 malem, Dena dan Indri akhirnya makan malem. Gue ngeliat mereka berdua agak stres beberapa hari ini. Dena masih aja batuk, dan Indri tingkat keceriaan dan kehebohannya semakin hari semakin menurun. Doi sempet cerita kalo memang lagi ada sedikit masalah pribadi yang bikin doi jadi pengen pulang, waduh, bertugas aja belom, jangan dong sis :D, dan nampaknya mereka berdua masih pusing mikirin gimana-gimananya nanti selama PTT. Yaa memang sangat benyak yang harus dipersiapkan untuk bisa bertahan hidup di negeri orang ini, gue pun sempet pusing mikirinnya, tapi gue mencoba tetep tenang dan stay cool aja 8), hehe..gak usah banyak mikir, ketika waktunya datang kita pasti tau akan berbuat apa.

Yup, inilah cerita gue di hari ini..

I try to enjoy Tual City..

NB:
1. Untuk teman-teman PTT yang lain, tetap semangat dan tetap fokus. Jangan menyerah! Ketika lo berpikir untuk menyerah, inget lagi kenapa lo memulai dan milih jalan ini. Mengabdilah dengan tulus dan ikhlas, walaupun keadaan sering gak mendukung. Semoga Allah azza wajalla memberikan ganjaran yang lebih baik.
2. Thanks buat Dena untuk foto-fotonya, dan buat Ilyas untuk tumpangan mobil dan rumahnya.