Rabu, 04 Juni 2014

PTT Notes 011: Enjoying Kur

Rabu, 21 Mei 2014

Hari ini ruangan kerja gue dikit-dikit mulai diisi, sekarang udah ada lemari kecil tempat peralatan dan juga aqua gelas buat kumur pasien. Gue juga udah minta ember buat tempat pasien buang air kumur, dan kalo bisa colokan listrik untuk lampu sorot portable. Kebetulan di puskes ini ada lampu sorot portable.

Di ruang kerja gue ini gue juga bawa kipas angin portable+power bank untuk sedikit mendinginkan suhu, karena gue bakalan keringatan lebay di tempat panas kayak gini, apalagi kalo kerja pasien. Jas dokter gue juga bawa tp ga akan gue pake bray..buat pajangan aja, ga pake jas aja udah panas gila, gimana kalo pake..hehe.


Ruang kerja gue sekarang

Hari kedua di puskesmas ini masih belum ada pasien gigi juga alias masih gabut. Sementara Ilyas pasiennya udah mulai intens walaupun masih sepi juga karena anak-anak sekolah masih pada ujian. Katanya sih bakalan rame kalo udh selese ujian. Eits tapi ternyata sekitar jam 10an ada 1 pasien yang mo nyabut gigi, seorang perempuan 19 tahun. Setelah gue periksa ada gangraen pulpa di gigi 37, karena perkusi masih positif, jadinya gue premedikasi dulu dengan amoxicillin dan asam mefenamat.

Hari ini gue cuma dapat satu pasien,,hehe Alhamdulillah yaa. Sementara Ilyas udah hampir 20 pasien kali yaa. Setelah pasien abis gue dan Ilyas ngobrol-ngobrol sama perawat puskes tentang banyak hal, namun kebanyakan ya tentang pulau Kur. Trus sore ini kita diajakin makan kelapa muda,,hahay asik nih..

Sorenya sekitar jam 4 lewat, mbak Ima perawat puskes datang ke rumah dan kami pun konvoi naik motor menuju kebun kelapa milik mbak Ulfa, perawat poskesdes. Kami ke sana ber-7 ,yakni: gue, Ilyas, mbak Ima, mbak Nur, mbak Diana, mbak Ulfa, dan eksekutor kelapa Fandri.

Catatan: sebenarnya perawat-perawat ini gak dipanggil mbak, tapi gue gak menemukan panggilan yang tepat buat mereka dalam bahasa sehari-hari disini.

Kebun kelapa yang kami tuju berada di utara pulau Kur, tepat sebelum pelabuhan. Untuk menuju ke sana kami harus melewati jalan-jalan kampung, hutan, dan gunung yang lumayan terjal. Tapi pemandangan dalam perjalanan ke sana itu subhanallah yaa..indah sekali. Dalam perjalanan kami melewati Pantai Namaselap, yang merupakan obyek wisata yang terkenal di pulau Kur ini.






Pemandangan pantai Namaselap, yang berada di antara desa Tubyal dan Finualen, pulau Kur

Sebelum ke kebun kelapa, kami ke pelabuhan Kur dulu. Disini gue dan Ilyas foto-foto, pemandangan disini juga bagus cuy.






Pelabuhan Kur

Abis foto-foto di pelabuhan baru deh ke kebun kelapa. Di kebun kelapa udah menunggu si Fandri dengan parangnya yang super tajam dan belasan biji kelapa. Doi pun langsung mengeksekusi kelapa tersebut satu persatu dengan super cepat. Dan kami pun langung ngembat tuh kelapa sampe puas dengan menggunakan sendok made in Fandri yang terbuat dari sabuk kelapa.

mabok kelapa

Fandri the coconut boy

Prok prok prok buat Fandri, sang eksekutor kelapa berbakat yang masih duduk di kelas 2 SMA

Udah puas makan kelapa kami pun balik, dan si Fandri kembali menunjukkan bakatnya dengan mengendarai motor RX king sambil megang parang di tangan kirinya, plus ngebut lagi. Prok..prok..prok lagi.

Sampe di rumah pak Kapus, gue ke pinggir pantai buat ngambil foto-foto sunset. Sementara si Ilyas ke puskesmas ngambil obat, gegara doi lupa ngasi antibiotik buat pasien VL kaki tadi pagi. Untungnya rumahnya dekat jadi doi ngambilin obat dan langsung kasi ke istrinya.






Foto menjelang sunset dan sunset di Pulau Kur

Abis ngasi obat Ilyas nyamperin gue di pinggir pantai trus ngobrol-ngobrol. Tetiba kita disamperin seorang anak kecil asli Kur yang mukanya mirip orang India dan berbulu mata sangat lentik. Anak ini sepertinya gak paham bahasa Indonesia, karena doi gak merespon waktu gue dan Ilyas nanyain namanya. Jadi yaudahlah...gue lanjut moto-moto sambil ngelihatin anak-anak lain yang pada maen lempar-lemparan biji kenari, semacam main gundu/kelereng tapi pake biji kenari. Maklumlah, pulau Kur ini salah satu penghasil kenari terbesar. Jadinya kenari pun ga cuma dimakan tapi juga dijadiin mainan anak-anak. Gue cuma bisa ngelihat mereka main dan ngoceh pake bahasa Kur, heran deh..nih anak-anak masih pada kecil tapi udah jago banget bahasa Kur, kok bisa yaa? Ilyas gak paham bahasa Kur karena berbeda dengan bahasa Kei, apalagi gue!! Sama sekali gak paham cuy..hehe, harus ada subtitle nih baru eike bisa paham.

Ilyas and Suarez Junior

Magrib mulai menjelang, kamipun masuk ke rumah, bersih-bersih, dan istirahat.

bersambung..

1 komentar:

  1. How to play Baccarat | Borgata - The Wire
    Baccarat is a card game traditionally played in casinos such as MGM Resorts. The object is to draw an equal number of points from the 바카라 웹 사이트 dealer to

    BalasHapus