Jumat, 06 Juni 2014

PTT NOTES 013: Mystical thing is getting worse

Ahad, 25 Mei 2014

Hari ini libur dan gak ada jadwal apa-apa, jadinya pagi-pagi nyuci pakaian aja..trus ngeliatin pak Kapus masang "agar-agar". Ini bukan agar-agar yang bisa dimakan yaa, tapi agar-agar adalah semacam jala ikan yang dipasang di tengah laut, mirip keramba tapi gak pake rumah-rumahan.


Pak Kapus masang agar-agar


Perahu retak


Siangnya gue dapet makan siang kerang laut yang dimasak kayak semur dan sayur daun singkong masak santan. Kerang laut ini ternyata hasil tangkapan anak-anak kecil kemaren sore waktu air laut surut. Rasanya enak banget ternyata..hmm mirip-mirip cumi gitu deh.

Malemnya mati lampu, setelah makan malam, gue, Ilyas, pak kapus dan bu kapus ngobrol-ngobrol di teras rumah. Topik obrolan utamanya adalah kasus bunuh diri kemaren. Segala hal tentang orang yang bunuh diri kemaren diomongin. Dan satu fakta yang unik dan lucu, para tetangga korban malam ini pada ngungsi ke rumah keluarga yang jauh dari desa ini. Soalnya pada takut...wkwkkwkw...ada-ada aja dah. Selain itu topik-topik mistis, sampe babi hutan-pun diomongin. Gue juga merhatiin langit..subhanallah..clear sky..dan bintang-bintang terlihat jelas, so beautiful...

Gue juga dapet berita yang membahagiakan, istri gue ngabarin kalo Syakirah udah bisa berdiri tanpa pegangan, sayang fotonya gak bisa gue terima via MMS karena sinyal disini yang sekarat. Tapi gue jadi gak sabar nunggu minggu depan buat balik ke Tual, biar bisa nerima foto Syakirah itu.

Senin, 26 Mei 2014

Hari ini ada dua pasien poli, 1 pasien perempuan 66 tahun yang udah gue premed sebelumnya, dengan gigi 11 goyang derajat 2. Trus 1 lagi laki-laki 29 tahun dengan gigi 15 dan 16 sisa akar. Untuk pasien kedua ini, gue terpaksa harus pake bein yang ujungnya agak berkarat, karena cuma ada 1 bein dan agak gak mungkin nyabut sisa akar tanpa bein, jadinya gue pake aja deh. Semoga pasiennya gak kenapa-napa yaa..

Sore pas sunset gue bereksperimen ngambil foto Kur kala senja dengan berbagai White Balance, hasilnya lumayan cantik dengan berbagai warna.


Senja di desa Sermaf dengan berbagai White Balance


Malemnya gue dikasi makan "bulu babi" goreng..hihihi..tau kan bulu babi? Hewan laut yang bentuknya bulat dan berduri-duri tajam. Ternyata enak juga rasanya. BTW, ngomongin bulu babi gue jadi keinget peristiwa di pulau Maitara, Maluku Utara, tahun 2010 silam, di tempat itu 3 orang temen gue jadi korban bulu babi,,,mereka pada nginjek bulu babi cuy,,katanya sih sakit banget. Dan saat itu gue smpet jadi "hero" buat salah satu temen gue, karena menyumbangkan (maaf) urin buat disiramkan di area yang ketusuk bulu babi. Konon katanya sih urea yang ada dalam urin bisa menetralkan racun duri bulu babi. Hihihi..itu kejadian yang agak menggelikan sebenarnya.

Selasa, 27 Mei 2014

Tanggal merah alias libur cuy..Alhamdulillah.

Pagi-pagi gue disamperin pasien yang gue cabut kemaren. Gue pikir ada apa nih sama bekas pencabutan gue kamaren. Ternyata doi ngeluh gigi seberangnya sakit semaleman sampe ga bisa tidur. Ooooww..nothing to do,,,gue cuma suru terusin dan abisin obatnya, ntar juga sakitnya berkurang,,hehe. Oya ternyata kadang-kadang disini masih bisa whatsApp-an..jadinya gue mnta istri gue ngirim foto Syakirah lewat whatsApp, alhamdulillah bisa keterima. Seneng banget bisa ngelihat perkembangan anak sendiri, walaupun dari jauh :').


Syakirah udah bisa berdiri sekarang, Alhamdulillah


Siangnya, rumah tetangga berisik banget nyetel dangdut..dan Ilyas nampaknya sangat menikmati. Gue emang sering banget denger doi nyanyi lagu dangdut sendirian, ckckck. Sementara beberapa anak-anak muda Kur pada ngebersihin lapangan bola depan rumah dan masang jaring-jaring pengaman, biar bolanya ga kena kaca rumah. Soalnya entar sore mo ada pertandingan bola antar kampung di lapangan ini..hahay asik, lumayan nih buat tontonan.

Sekitar jam setengah 5 sore pertandingan sepakbola antar PS Sermaf VS PS Yapas (nama desa-nya) pun dimulai, dan gue nonton dari teras rumah. Di tengah-tengah pertandingan gue juga sempet ditawarin ngemil kacang kenari, hehe udah tau kan kalo disini penghasil kenari. Jadi kenari pun dijadiin cemilan. Gue dan Ilyas akhirnya ngemil kenari sambil sedikit-sedikit diajarin bahasa Kur oleh seorang ibu tetangga disini.


Sepakbola Tarkam


Kacang Kenari, khas Kur


Berikut beberapa kosakata yang sempat gue tangkep:

Hefan bola : main bola (kayak Have Fun Ball hehe)
Manten: duduk
Mallir: berdiri
Ngan: Makan
Min: Minum
Wer: Air
Ya: Anjing
Faf: Babi
Malip: tertawa

Nanti akan gue tambah yee..hihi

Malemnya mati lampu, seperti biasa gue, Ilyas, pak kapus, dan bu Kapus ngobrol-ngobrol di teras rumah. Di tengah-tengah obrolan tetiba muncul beberapa ekor kunang-kunang...woow..terakhir gue lihat kunang-kunang tu pas SD,,hehe..

Rabu, 28 Mei 2014

Masih inget kan kasus bunuh diri hari sabtu yang lalu? Setelah hari minggu kemaren para tetangga ngungsi gegara takut tanpa alasan yang jelas. Sekarang ada perkembangan terbaru, namun agak-agak mistis nih hihi..jadi gini ceritanya, auuuuuuuu (suara srigala):

Para keluarga dan tetangga pada sore hari kemaren lagi pada nontonin video waktu korban ditemukan gantung diri..Nah..katanya sih, tiba-tiba mata si korban dalam video itu tiba-tiba menghitam kayak pake kacamata hitam. Karena takut dan penasaran akhirnya video dimatiin terus diulang lagi. Pas diulang yang terjadi malah si korban dalam video itu perlahan-lahan berubah menjadi sesosok macan mulai dari ujung kaki sampe ujung kepala. Akhirnya video dimatiin lagi terus diulang lagi,,eh videonya udah kembali normal lagi.

Naaah..malemnya lebih serem lagi. Katanya ada salah seorang keluarga korban yang ngelihat, di kuburan korban ada sesosok macan yang ngegali kuburan doi..sampe ada bekas galian di bagian kepala dan kaki makam. Gak cuma itu, ditemukan juga jejak kaki macan di sekitar kuburan. Versi lain cerita ini menyatakan di kuburannya ada semacam cahaya terang yang jalan dari kuburan kesana kemari, trus bolak-balik. Kejadian itu disaksikan oleh tentara koramil yang katanya sudah siap menembak. Nampaknya sih cerita versi kedua yang lebih shahih.

Woooow...semakin rumit aja nih kasus. Entahlah itu bener apa enggak. Bodo amatlah,,,yang penting gue tetap mengabdi dengan ini #nunjukdada..hehe

Hari ini gak ada pasien poli gigi, tapi ada pasien anak kepala bocor yang akhirnya gue hecting/jahit. Lumayanlah daripada ga ada kerjaan.

Pas sore ngumpul-ngumpul lagi depan rumah pak Kapus dan ngobrol-ngobrol sambil makan kenari muda. Kenari muda rasanya lebih enak dari kenari tua yang gue makan kenari, lebih kering, krenyes, dan kulitnya lebih mudah dilepas. Sekitar jam 5an tetangga sebelah muter dangdutan kenceng-kenceng lagi buat hiburan bagi anak-anak muda yang lagi bikin batako buat ngebangun rumah mereka. Kebiasaan orang-orang disini emang kalo bikin rumah semuanya serba dilakukan sendiri. Seperti yang diceritain pak Kapus, doi juga dulu ngebangun rumahnya sendiri, dengan dibantu beberapa saudara. Semuanya dibuat sendiri, mulai dari batako, kusen, pintu dan jendela, hanya semen dan aksesoris pelengkap aja kayaknya yang dibeli. Jadi orang-orang disini emang pada multitalenta.

Sore ini gue juga iseng bikin papan nama buat di meja ruang praktik puskesmas, lumayanlah, biar orang-orang bisa lebih mengenal dokternya, hehe :D.


Papan nama seadanya untuk meja praktik, gue buat dari kertas dan kardus bekas


bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar