Sabtu, 07 Juni 2014

PTT NOTES 014: Refleksi

Catatan tanggal 29 Mei - 1 Juni 2014

Kamis, 29 Mei 2014

Hari ini libur lagi Alhamdulillah, dan ga terasa udah hampir 2 minggu gue berada di pulau ini. Praktis selama ini gue terputus dari dunia maya yang selama ini udah jadi bagian hidup yang gak terpisahkan. Gak ada bbm, whatsApp, internet, path, dll. Satu-satunya yang menghubungkan gue dengan dunia luar hanya telpon dan sms, yang sinyalnya juga hilang timbul. Gue udah ga tau perkembangan berita di luar sana, hanya sesekali aja bisa nonton tv kalo lampu lagi nyala dan kalo tv-nya gak dipake anak-anak kecil buat nonton film kartun. Tapi gue tetep bahagia dan bersyukur, disini gue belajar tentang kesederhanaan serta bagaimana menghargai dan memaknai keterbatasan. Hidup yang sungguh jauh berbeda dengan di kota besar yang serba ada dan serba mudah. Yaa, intinya gue belajar lebih menghargai hidup ini.

Disini gue juga bisa melihat langsung keadaan saudara-saudara gue, sesama rakyat Indonesia, yang selama ini hanya gue denger dari cerita-cerita. Dan inilah sebenarnya tugas gue disini, untuk menolong dan membantu mereka sesuai kompetensi gue sebagai dokter gigi. (Aseeek)

"PTT itu bukan tentang apa yang kita peroleh, tetapi apa yang kita berikan untuk mereka, untuk bangsa ini

PTT itu bukan seberapa besar gaji yang kita dapat, tapi pengabdian dari sini #nunjukdada"
(My Own Quote)


Aseeek (lagi)...
Walaupun yaa,,tetep juga nungguin gaji turun hehehe..yaiyalah..mo makan apa awak dan anak istri kalo gajinya telat (nyindir).

Hari ini karena libur yaa di rumah aja, nyuci, makan tidur...belum ada keinginan untuk jalan-jalan keliling pulau karena udaranya yang hot maan (gak pake paris hutapea). Dan pergelangan tangan kiri gue masih sakit, udah 3 hari, penyebabnya masih idiopathic, tetiba aja pas bangun pagi jadi sakit jika melakukan gerakan tertentu, sampe sekarang. Semoga segera baikan yaa..Amin. Syafakallahu yaa Irul, La ba'tsa thohuurun insyaa Allah (doain diri sendiri)

Jum'at, 30 Mei 2014
Ga ada pasien gigi di puskesmas..gabut day deh hehe..Sekitar jam setengah 3, gue diajakin ke pantai hutan deket kantor camat. Gue, ilyas, Jamal alias Jay, dan Dao akhirnya naik motor ke sana, gue bareng Jay, dan ilyas bareng Dao. Dua orang ini adalah pemuda tetangga pak Kapus yang sehari-hari sering berkeliaran di sekitar rumah.

Pantainya gak terlalu jauh dan jalan masuknya adalah melalui hutan di pinggir jalan. Pantai ini banyak ditumbuhi pepohonan baik di daratannya maupun di bagian perairannya, makanya gue sebut aja pantai hutan, hehe. Pasirnya juga sangat lembek kayak bubur jadi kalo diinjak kaki kita sangat mudah terbenam. Seperti biasa gue gak lupa ngambil beberapa foto disini.














Foto-foto di Pantai Hutan pulau Kur


Tragedi Bensin
Setelah sekitar setengah jam di pantai hutan berpasir bubur ini, kamipun kembali ke rumah. Tetapi di tengah jalan motor dinas kami yang dikendarai Ilyas mogok,,,ternyata bensinnya abis cuy. Jadinya gue dan Jay beli bensin botolan dulu dan kembali ke tempat mereka. Bensin udah terisi penuh merekapun jalan di di depan,,, eeeh..beberapa meter berjalan giliran motor si Jay yang mogok, sementara si Ilyas dan Dao udah berlalu ninggalin kami tanpa noleh ke belakang...hikz MT nih..akhirnya si Jay harus ngedorong motornya, untung udah deket sama tempet beli bensin, jadinya gue beliin aja bensin se liter kemudian lanjut ke rumah Kapus.

Sambil menunggu magrib tiba gue dan Ilyas duduk-duduk di teras rumah sambil ngelihatin tingkah anak-anak Kur yang lagi maen. Ada abang (anak sulung pak kapus), Firman (anak bungsu pak kapus), Atu (ponakan bu kapus), Boji (tetangga seberang), dan 1 lagi yang gue ga tau namanya. Macem-macem aja tingkah mereka, mulai yang lucu, hingga ekstrim menuju anarkisme sadisme. Beberapa tindakan mereka sempet gue foto.


Kur Children: Cute and brutal

Oyaa, siang tadi Indri nelfon kalo ternyata dia dan Ilyas harus ke Ambon tanggal 4 Juni buat ikut pelatihan. Jadinya kita harus segera kembali ke Tual, sebenarnya yang dapet tugas ke Ambon hanya Ilyas dan Indri, tapi gue dan Dena juga harus ikut balik karena gak mungkin sendirian di Pulau, kita semua udah sepakat bahwa gak boleh ada yang ditinggal sendiri di Pulau. Gue dan Ilyas rencananya pulang hari ini, tapi ternyata gak ada kapal fery yang masuk hari ini, jadinya nunggu senin deh.

Sabtu, 31 Mei 2014

Ada 1 pasien poli gigi yang ingin nyabut gigi-giginya yang pada goyang..tapi tekanan darahnya masih 150/100 dan baru aja dari poli umum dan dikasi obat darah tinggi oleh Ilyas. Jadinya gue cuma nyuruh abisin obat darah tingginya dulu baru datang lagi.

Di sore hari setelah minum teh ditemani kue kering, gue ngajakin Firman maen pedang-pedangan pake batang pisang, hahaha lumayan buat ngeluarin keringat. Walaupun anak ini gak bisa bahasa Indonesia tapi hajar ajaa bodo amat, untungnya ngerti kalo diajak maen. Tapi giliran dia yang ngoceh ya gue harus mencoba menginterpretasi kata-kata bahasa Kur doi, gak begitu sulit kok, yaa semacem ngomong pake bahasa isyarat lah. Hahaha.

Sekitar jam 5-an gue lanjut maen bola sama Firman dan Atu, ceritanye gue ngegiring bola keliling lapangan terus mereka berdua mencoba ngambil bolanya, tapi yaa namanya juga anak kecil ya gampang banget dikecohnya, dan tentu saja mereka ga bisa ngerebut bola dari gue sekeras apapun mereka berusaha. Mereka beberapa kali jatuh terbaring di lapangan gara-gara kecapean ngejar gue,,wkwkwkw...dan tentu saja gue juga abis itu cape juga lari-lari bolak-balik keliling lapangan multifungsi ini. Yup multifungsi, selain buat lapangan bola, lapangan ini juga adalah jalanan tempat orang dan kendaraan lalu lalang, juga tempat kambing merumput, serta tempat anjing dan anak-anak kecil bermain. Hihihi

Ahad, 1 Juni 2014

Pagi ini jam 6, Indri dan Dena bertolak dari Tayando menuju Tual. Mereka naik kapal motor kayu yang katanya milik orang kaya di Tayando. Mereka ga naik fery karena kalo nunggu jadwal fery bakalan kelamaan, sementara Indri dan Ilyas udah harus berangkat ke Ambon tanggal 4 Juni.

Hari ini gak ada kegiatan, gue cuma nyuci, makan, tidur dan packing buat pulang besok.

Sore ini gue juga ngemil kue bali-bali (sejenis tepung yang digoreng dengan minyak kelapa dan disajikan dengan gula pasir), dan sukun goreng. Gue juga nunggu magrib sambil duduk di teras, seperti yang sering gue lakukan disini hampir tiap hari. Salah satu hal yang paling gue suka dari Kur adalah Senja-nya, tiap hari gue bisa lihat sunset persis dari depan rumah, dan gue gak pernah bosen (paling nggak sampe hari ini), suasananya sungguh nyaman dan tenteram. Dan yang kedua adalah langit malamnya yang penuh bintang..woow..sangat romantis dan cocok buat ngegombal..wkwkwk..

Yaa begitulah catatan gue hari ini, besok insya Allah kami akan bertolak ke Tual, untuk sedikit kembali merasakan peradaban kota.

bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar