Sabtu, 14 Juni 2014

PTT NOTES 015: Kembali sejenak ke peradaban

Catatan tanggal 2 - 14 Juni 2014

Senin, 2 Juni 2014
Hari ini Alhamdulillah kapal fery sandar di pelabuhan jam 6 pagi, dan akan berangkat kembali ke Tual jam 9 nanti. Gue dan Ilyas udah siap sejak jam setengah tujuh.

Sebenarnya sih gue lebih seneng kalo fery-nya berlabuh dan gak sandar di pelabuhan, soalnya lebih deket, yakni pas di seberang rumah kapus, jd tinggal naik katingting sbntr. Tapi ternyata hari ini kondisi laut masih memungkinkan untuk sandarnya kapal di dermaga.

Jam 8.05 gue udah di pelabuhan, sejak di pelabuhan udah kelihatan ombaknya lumayan, kapalpun terombang ambing di dermaga. Disini gue ngambil beberapa foto lagi.

Suasana Pelabuhan Kur saat ada kapal fery yang bersandar

Jam 8.44 gue naik ke kapal fery, dan mulai merasakan gejolak ombak. Jam 9.00 kapal pun berangkat.

Di atas kapal gue dan ilyas ngambil kelas VIP biar bisa tiduran, dan disana gue ketemu sama seorang bapak yang datang ke Kur hanya untuk jalan-jalan sebentar. Jadi doi semalem berangkat pake fery ini dari Tual jam 12 malem dan sampe Kur jam 6 pagi, habis itu turun keliling-keliling sebentar dan akhirnya naik lagi ke kapal. Doi juga baru 2 minggu yang lalu dari Tayando, dan secara kebetulan doi bareng sama Indri dan Dena, bukan cuma 1 fery, tapi juga 1 katingting, karena di Tayando fery gak sandar, jadi harus pake katingting menuju daratan. Hahaha..dunia begitu sempit yaa.

Beberapa orang Kur yang kami kenal juga ikut fery ini ke Tual, diantaranya bu Kapus, Jay, pak Umar polsek, dan yang lainnya.

Sekitar jam setengah 3 kapal sandar di pelabuhan Tual, gue dan Ilyas langsung turun dan naik Ojek ke desa Mangon, rumah Ilyas.

Selasa, 3 Juni 2014
Kami berempat ke Dinkes buat ngambil SPPD Ilyas dan Indri. Bolak-balik ke Dinkes tapi masih pada rapat, dan baru ada orang sekitar jam 1, itupun kerjanya lelet dan gak jelas, akhirnya SPPDnya baru selese setengah 3-an.

Ditengah-tengah bolak-balik sempet ke BPJS buat ngurus kepindahan Faskes tingkat 1.

Abis dari dinkes ke rumah Ilyas makan siang, shalat, trus ke kosan.

Gue akhirnya memutuskan untuk pindah ke kosan, karena takut ngerepotin lebih lama, jadinya gue pindah aja bareng dokter2 PTT yang lain. Thanks berat buat Ilyas dan keluarga yang begitu baik menampung gue selama ini.

Di area kosan ini (Kelurahan Un) adalah area the netherland (pendukung tim sepakbola Belanda di piala dunia). Memang disini pendukung sepakbolanya lumayan fanatik menjelang piala dunia ini. Bendera2 negara peserta piala dunia sangat banyak berkibar di seluruh sudut kota Tual, bahkan lebih banyak dari bendera merah putih.

Rabu, 4 Juni 2014
Pagi ini gue begitu semangat, abis shalat subuh, ngaji, dan zikir pagi, gue langsung olahraga dan melakukan gerakan-gerakan dan jurus karate yang udah lama gue tinggalkan. FYI, I've a blue belt in Karate. Tapi udah lama bgt gak latihan. Lumayan nih pagi-pagi ngeluarin keringat. Abis itu mandi dan bikin sarapan energen. Tadinya mo makan spagheti "gagal" buatan Indri dan Dena semalem, yang disimpen di magic com..eh tp ternyata Dena so smart, semalem doi nyimpen di magic com tp magic com-nya ga dicolok, jadi deh tuh spageti disemutin. Akhirnya ga jd gue makan dan akhirnya harus dibuang. Abis sarapan gue cus ke BRI naik angkot karena ada masalah pada uang yang ditransfer nyokap ke gue. Udah ada notifikasi sms banking, tp belom masuk jg ke rekening gue.

Kejadian unik di BRI
Waktu nyampe BRI, bank-nya blom buka, tp orang-orang udh pada nunggu di dpn pintu kyk mo ngantri sembako. Sembari nunggu gue ke ATM buat ngecek sekali lagi apa bener tuh duit blm masuk. Pas di depan ATM ada seorang bapak tua dan seorang bapak yang lebih muda ngomong ke gue, kurang lebih percakapannya seperti ini: B=Bapak2; G=Gue

B:"Bapak petugas BRI?"
G:"Oh bukan pak, saya juga mo ke ATM"
B:"Bisa minta tolong, saya mo ambil uang di ATM tapi saya gak ngerti"
G: "Oh iyaa mari saya bantu"

Ternyata bapak yang lebih muda adalah anak menantunya yang sama-sama ga ngerti pake ATM

Akhirnya kami bertiga masuk ke bilik ATM dan bapak tua ngasi kartu ATMnya. Gue pun masukin dan ketika ada permintaan masukin PIN gue suruh bapaknya mencet PINnya sementara gue agak membuang pandangan biar ga ngeliat PINnya. Tapi ternyata bapaknya ngomong:

B: "Tolong dipencetin, pinnya xxxxxx" (disebutin aja lho...gilaa). Saya gak bisa melihat soalnya mata saya buta"
(Kelihatannya sih bukan buta tapi mungkin rabun atau katarak yaa,, gue gak begitu merhatiin)

Akhirnya terpaksa gue mencet, dan nanya mo ambil uangnya berapa. Doi bilang ambil aja semuanya, soalnya doi mo bayar apaaa gituu. Trus gue cek saldonya dan gue tarik secara bertahap semuanya. Gue kasi duitnya ke doi dan doi hitung dengan meraba-raba.

Setelah selesai ambil duit dan gue balikin ATM dan struknya, bapak itu mo ngasi gue duit 50.000 tapi gue tolak. Doi pun ngucapin terima kasih dan pamit pergi.

Alhamdulillah pagi ini bisa nolongin orang. Allah udah mengatur waktu dan tempat yang tepat untuk gue dan bapak itu. Coba kalo yang dimintain tolong punya niat jahat, kasian kaan bapaknya. Tapi begitulah Allah mengatur semuanya begitu tepat dan indah.

Oyaa..jadi inget sebenarnya kemaren sore gue juga sempet nolongin orang di ATM BNI deket kosan, tapi ga separah bapak itu sih. Doi cuma gak bisa munculin pilihan penarikan jumlah lain, hehe.

So, dua hari ini gue nobatkan sebagai: "Hari nolongin orang di ATM se-Kota Tual" yeeeey...prok prok prok...cuit cuit...

Setelah dari ATM bank udah buka, gue pun masuk ke CS dan ngurus masalah transfer dari nyokap. Setelah dicek ternyata transaksi sms banking nyokap gagal (capede) jadinya duitnya blm ketransfer. Gue pun ngabarin nyokap dan nanti bakal ditransfer ulang. Alhamdulillah.

Kamis, 5 Juni 2014
Sport Time
Malem ini, gue, Idham, Adhi, dan Dena main badminton di Kimson center. Tempatnya lumayan bagus, ada dua lapangan bulu tangkis indoor, dan juga ada tempat fitness-nya. Biayanya pun terjangkau. Untuk sekali masuk main badminton cukup membayar Rp.15.000 per orang. Begitu pula kalo mo fitness. Kalo fitness plus badminton sekaligus, kita cukup bayar Rp.25.000 saja.

Langgur badminton club

Jum'at, 6 Juni 2014
Gue Shalat Jum'at di Mesjid Agung Tual bareng Idham. Abis shalat gue ngambil uang di ATM BNI. Naah pas gue belanjain salah satu uang tersebut di mini market..eeh ditolak karena kayak uang palsu. Akhirnya gue ke BNI buat nuker tuh duit yang rada-rada palsu padahal sebenarnya asli menurut petugas bank (Nambah2 kerjaan aja cuy).

Masjid Agung Tual

Sabtu, 7 Juni 2014
Hari ini pertama kalinya gue naik motor di Tual. Gue minjem
motor Idham buat beli makan siang.

Sementara Dena hari ini berangkat ke Ambon dan mo lanjut ke makassar besok. Okey good.. jadilah gue ditinggal sendiri di kota Tual yang sepi ini.

Malemnya diajak ke warung sarabba (oh noo) buat ikutan rapat diving club. Yaudahlah daripada ga ada kerjaan di kosan, jadinya ikut aja. gue cuma JB-JB ajaa..trus ngambil foto jembatan pusdek pake HP desti (samsung galaxy S4 zoom), soalnya bisa ngatur slow speed. Hasilnya lumayan oke, dan desti sebagai yang punya hp rada2 ga percaya dengan hasil foto gue...hahaha..padahal biasa aja sebenarnya.

Jembatan Pusdek di malam hari, dengan teknik slow speed (shutter speed: 16 detik)

Ahad, 8 Juni 2014
Sore jam 5 rame-rame ke bandara buat jemput Indri. Gue, Idham, Pretty, dan Karnel ke bandara naik mobil Adi. Nyampe di bandara Langgur ada pelangi cuyy...wooow indah sekali, walaupun gak seindah pelangi di matamu..wkkwkwkw.

Rainbow at Langgur Airport (camera: lenovo s890&blackberry onyx 2, tone edited using picsart)

Senin, 9 Juni 2014
Di kosan aja. Gak ada yang menarik untuk diceritain.

Selasa, 10 Juni 2014

Rabu, 11 Juni 2014
Hari ini dapat kabar dari istri kalo Syakirah sakit, gue gak bisa ngapa-ngapain selain ngedoain anak gue ini biar cepet sembuh. Dan pastinya minta dikabarin perkembangan kondisi kesehatannya.

Kamis, 12 Juni 2014
Sejak siang sampe menjelang magrib suasana jalan raya kota Tual sungguh ramai dan berisik oleh konvoi para pendukung tim sepakbola piala dunia. Hampir semua tim-tim besar punya massa di kota ini, dan semuanya pada konvoi keliling kota dengan atribut khas masing-masing tim.

Konvoi pendukung tim sepakbola world cup: rame dan berisik (Courtessy: Ady Chandra via Path)

Malemnya, anak-anak kosan yakni gue, Karnel, Indri, Dena, Vany, Ulfa, dan Pretty makan bareng di warung nasgor seberang kosan. Kali ini temen gue yang berinisial dr.BIH kembali makan brutal (lagi kumat "maag"nya). Doi makan mi goreng seporsi, trus makan sisa2 mi kuah Vany, trus makan setengah porsi nasi goreng (join sm gue), dan setengah porsi mi goreng (join sm Karnel). WOOOW.

dr.BIH yang lagi kumat "maag"nya

Jum'at-Sabtu, 13-14 Juni 2014
Udah lama banget nih gue ga nulis puisi. Setelah gue konsisten nulis puisi dari tahun 2004 - 2012 (8 tahun), dan vakum di 2013, hari ini gue tergerak buat nulis puisi lagi. Gue pun ke teras lantai 2 depan kamar gue, dan nulis puisi ini:
###
Menanti Senja

Kami terbawa arus gelombang ke timur negeri ini
Ribuan mil dari peraduan nyata
Jauh dari belaian Ibunda
Di belantara hitam yang meraung riuh

Saat jalan tujuan kami terbentang lurus dan mulus di pelupuk mata
Kaki kami melangkah setapak demi setapak
Hujan kerikil pun menghambur di jalan kami
Dan berubalah ia menjadi jalan terjal berliku
Tajam, merobek dan menembus kaki-kaki kami yang tak beralas

Kemana sang angin membawamu sobat?
Tetesan darah dari kakimu membekas di setiap jalan yang kau lewati
Ia kan jadi pemandu bagi insan-insan di belakangmu
Pemandu bagi jiwa-jiwa penentang kenyamanan, pencari makna hidup

Kami tersisih di gemerlap asa
Di gelap muram menanti senja
Mematri jubah emas di tepi cakrawala
Sambil berharap pada redup gelap cahaya temaram
Tenangkan jiwa dalam sepi
Tuk temui cinta dalam angan
Lewat semilir angin yang menusuk
Sesakkan dada tanpa titik

Tapi kami tetap berlari
Menerjang kerikil tanpa ampun
Karena kemi belum kehabisan darah
Tetap mendidih dan dan mencuat bakar gulana

Di ujung jalan telah menanti
Telaga hijau penyejuk nurani
Pengobat luka di kaki kami
Siapkan kami tuk berlari lagi
Lebih cepat seiring denyut nadi

Jubah emas pun melambai-lambai
Sekeras baja ia terpatri
Kami siap memakainya di sana
Karena perang segera menggema
Dalam damai tanpa suara

Tunggu aku di ujung sana
Kan kubawa dirimu dalam bahagia
Tuk menanti senja di penghujung masa

Ditulis di Tual, tanggal 13-14 Juni 2014

###

Yuhuuy..itulah puisi gue. Besok atau lusa insya Allah akan kembali ke pulau Kur dan kembali bertugas. Otomatis selama disana gak akan ada postingan blog selama 3 minggu sampe sebulan. Jadi sabar-sabar aja yaa nungguinnya..hihihi.

Catatan tambahan:
Ada beberapa tokoh baru, baik yang udah sempet kesebut maupun belum dalam catatan gue kali ini, semuanya temen sekosan. Berikut akan gue perkenalkan:

1. Idham » Dokter gigi PTT kota Tual lulusan moestopo angkatan 2013.

2. Karnel » Dokter PTT kab.Maluku Tenggara, lulusan UKRIDA angkatan 2006.

3. Adi » Manajer di kantor pos kota Tual, asal Ternate, angkatan 2006. Kamarnya di lantai 2 pas di depan kamar gue.

4. Pretty » Dokter gigi PTT Kota Tual, lulusan Unpad angkatan 2004.

5. Cici » Dokter gigi PTT Kota Tual, lulusan Unhas ga tau angkatan berapa, yang jelas kak cici ini yang paling senior di kosan ini.

6. Vany, Munte, dan Ulfa » Semuanya dokter PTT kab.Maluku Tenggara.

7. Rahmi/Ami » Junior gue di FKG UI, seangkatan sama Dena (2007), doi dokter gigi PTT kab.Maluku Tenggara.

8. Om Poli dan Tante Peny » kalo ini bapak dan ibu kosan. Hehe.

Semua orang yang gue sebutin menempati lantai 3 kosan kami, kecuali gue dan Adi yang tinggal di lantai 2, dan tentunya bapak dan ibu kosan yang tinggal di rumahnya sendiri (Lantai 1 dan sebagian lantai 2)